Kamis, 23 Januari 2014

Manfaat Vitamin B Untuk Ternak Sapi

 Vitamin B memang jenis vitamin yang sangat banyak dibutuhkan dalam tubuh sapi. Vitamin B adalah jenis vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran perlu dalam metabolisme sel.

Ada 8 jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin ini sepenuhnya bisa dibentuk dalam tubuh hewan yang memamah biak seperti sapi, sehingga kemungkinan terjadinya kekurangan vitamin B1 sangat kecil, kecuali pada kasus kekurangan pakan atau kualitas pakan yang kurang baik.

Vitamin B1 Pada Ternak Sapi
Vitamin B1 disebut juga vitamin hidroklorida. Vitamin B1 ini memiliki banyak fungsi dalam tubuh sapi. Fungsi vitamin B1 di dalam tubuh sapi adalah untuk kegiatan berikut.

  -  Memproduksi energi yang dibutuhkan sapi dalam tubuh dan beraktivitas.
  -  Membantu memelihara kesehatan syaraf dan dan otot dalam tubuh sapi.
  -  Membantu tubuh sapi untuk membuat dan menggunakan protein.

Pemberian vitamin B1 pada tubuh sapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Jika pemberian vitamin ini terlalu berlebihan maka vitamin B1 akan dibuang percuma melalui air seni. Gejala kekurangan vitamin B1 adalah nafsu makan hilang, berat badan menurun. Namun, jika sapi mengalami kekurangan vitamin ini akan menimbulkan gangguan pencernaan.

Penggunaan vitamin B yang melebihi batas normal yang diperlukan akan mempengaruhi sistem syaraf (denyut nadi menjadi cepat), karena terjadi reaksi hipersensitif yang akan menyebabkan sapi mudah stress. Vitamin B1 akan lebih efektif jika penggunaannya dilakukan bersamaan dengan vitamin B yang lain.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 adalah beras pecah kulit, daging, telur, hati, ikan, dan pakan hijauan. Tubuh sapi menyimpan vitamin B1 pada hati, ginjal, jantung, otak dan otot, dalam jumlah yang terbatas.

0 komentar:

Posting Komentar